Bab 3 ==> MENGHARGAI KARYA ORANG LAIN

Rabu, 27 April 2011

Manusia yang terbaik adalah mereka yang selalu memperhatikan dan memberi pertolongan kepada orang-orang tidak mampu atau lemah disekitarnya. Inilah ajaran yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw.

Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang selalu memberi manfaat kepada orang lain”.(H.R. Muttafaqun Alaih)

Orang beriman selalu ingin berbuat baik, karena itu merupakan salah satu cara dalam bersyukur kepada Allah swt. atas kebaikan-kebaikan yang diberikan kepadanya.

A. MENGHARGAI KARYA ORANG LAIN

           Menghargai hasil karya orang lain merupakan salah satu upaya membina keserasian dan kerukunan hidup antarmanusia agar terwujud suatu kehidupan masyarakat yang saling menghargai dan menghormati sesuai dengan harkat dan derajat seseorang sebagai manusia.

Isyarat mengenai keharusan seseorang bersungguh-sungguh dalam berkarya dijelaskan dalam
Al-Qur`an Surah Al-Insyirah:5-7.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.”

Cara yang bisa diwujudkan untuk menghargai hasil karya orang lain adalah dengan tidak mencela hasil karya orang tersebut meskipun hasil karya itu menurut pandangan kita adalah sebaliknya. Memberi penghargaan terhadap hasil karya orang lain sama dengan menghargai penciptanya sebagai manusia yang ingin dan harus dihargai. Bisa menghargai hasil karya orang lain merupakan sikap yang luhur dan mulia yang menggambarkan keadilan seseorang.
Rasulullah saw bersabda.

Seorang mukmin terhadap mukmin yang lainnya bagaikan satu bangunan saling menguatkan satu sama lainnya.

Sesungguhnya orang-orang yang berbuat adil disisi Allah bagaikan berada diatas mimbar cahaya.

Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Mahakaya lagi Maha Penyantun.”(Q.S. Al-Baqarah: 263)


B. PERLINDUNGAN TERHADAP KARYA ORANG
         Islam juga memiliki ajaran tentang hak perlindungan yang berkaitan dengan hak asasi manusia dan mendapat informasinya dalam Al-Qur`an dan sunah rasul, diantaranya firman Allah swt. berikut.

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.”(Q.S. Al-Maidah: 32)


Upaya menghargai karya cipta orang lain dapat dilatih melalui pembiasaan sikap dan perilaku, antara lain sebagai berikut.

1. Membeli produk dari tempat atau agen yang resmi untuk menghindari pemberian barang ilegal atau hasil bajakan.

2. Menghormati atau menghargai hasil karya orang lain merupakan merupakan bagian dari menghormati hak-hak orang lain dan merupakan sebuah kebaikan bahkan kewajiban yang harus dilakukan oleh orang-orang beriman.

3. Penghargaan terhadap suatu hasil karya orang lain merupakan salah satu upaya dalam membina keserasian hidup sehingga terwujud suatu kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan saling menghargai sesuai dengan harkat dan derajat sebagai manusia.

4. Hasil karya sebagaimana dikatakan dimuka adalah hasil dari ide, gagasan manusia dalam bentuk karya, yaitu karya seni, karya budaya, dan sebagainya.

0 komentar:

Poskan Komentar